Monday, May 23, 2011

Keutamaan Shalat Dhuha

Berikut beberapa keutamaan shalat dhuha :

  • Sesuai dengan Sabda Nabi Muhammad SAW, yang telah diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra, dalam hadist sebagai berikut (yang artinya):
    "Siapa saja yang dapat mengerjakan shalat dhuha dengan langgeng. akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak busa lautan"

  • seperti apa yang diriwayatkan oleh Muslim, Abu Daud dan Ahmad dari Abu Dzar bahwa Rasulullah saw bersabda,
    "Hendaklah masing masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab setiap kali bacaan tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh orang lain agar melakukan amal kebaikan adalah sedekah, melarang orang lain agar tidak melakukan keburukan adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu maka cukuplah mengerjakan dua rakaat shalat dhuha."

anda dapat mencari diberbagai sumber lain, mengenai keutamaan shalat dhuha.

Kapan Waktu Pelaksanaan Shalat Dhuha ?
Seperti yang telah ditetapkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala, waktu shalat Dhuha dimulai dari naiknya matahari setelah terbit sepenggalah atau seukuran tombak, yaitu sekitar satu meter. Perkiraannya sekitar 12 sampai 15 menit setelah terbit dan diakhiri ketika matahari di atas kepala kita menjelang waktu Zhuhur sekitar 10 menit sebelum matahari tergelincir.

No comments:

Post a Comment